Pentingnya Belajar Teknologi Informasi Bagi Jurusan Manajemen

 

 

Hasil gambar untuk teknologi informasi

 

Teknologi Informasi kini tidak hanya digunakan dalam bidang telekomunikasi. Namun, teknologi informasi kini telah di gunakan dalam hampir segala bidang salah satunya adalah dalam Bidang Pendidikan. Seperti kita ketahui, bahwa saat ini dalam bidang pendidikan, teknologi informasi telah menjadi sebuah keharusan untuk dipelajari atau bahkan digunakan untuk mendukung perkembangan pendidikan yang mengglobal. Contoh penggunaan teknologi informasi dalam bidang pendidikan yaitu; E-Learning, UN CBT (computer based test), layanan informasi akademik dan administrasi, akses perpustakaan, dll.Teknologi Informasi  sangat penting dipelajari bagi mahasiswa yang memilih jurusan Manajemen, terutama bagi mahasiswa yang sedang mengelola suatu organisasi atau ingin memulai bisnis atau bahkan untuk digunakan dalam pekerjaann, teknologi informasi dapat digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

  1.  Penanganan Surat dan Pembuat Laporan Saat ini, dalam pembuatan surat atau pembuatan laporan lebih efektif dan efisien menggunakan komputer karena lebih cepat, cermat dan mudah  dalam pembuatannya.
  2.  Pengiriman Surat
    Setelah berkembangnya teknologi informasi yang diterapkan pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh, dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.
  3.  Membuat Presentasi Sebagai mahasiwa manajemen, tentu melakukan presentasi bukanlah hal yang awam melainkan telah menjadi sebuah kewajiban mahasiswa manajemen untuk dapat membuat presentasi ataupun mengoprasikannya. Dengan adanya teknologi informasi, maka pekerjaan dalam membuat presentasi menjadi lebih mudah dan lebih menarik dengan menggunakan tema-tema atau aplikasi yang inovatif.
  4.  Pengolahan Angka untuk Membuat Laporan Keuangan Aplikasi pengolahan angka tidak hanya digunakan oleh mahasiswa akuntansi tetapi juga digunakan oleh mahasiswa manajemen karena sebagai calon manajer tentunya kita juga harus dapat mengelola keuangan perusahaan maka dari itu untuk memudahkannya, maka diperlukan suatu aplikasi yang dapat mendukung pekerjaan tersebut yaitu Ms. Axcel yang juga sebagai perwujudan dari Teknologi Informasi.
  5. Mempermudah Pengumpulan Informasi Mahasiswa manajemen dituntut untuk memperoleh informasi yang banyak mengenai cara mengelola organisasi, pengetahuan tentang bisnis global, bagaimana cara memulai bisnis yang baik dan menguntungkan, dan lain-lain. Untuk memperoleh informasi tersebut maka mahasiswa manajemen sangat penting mempelajari teknologi informasi terutama dalam menggunakan komputer dan internet.Berikut merupakan salah satu alasan bahwa seorang mahasiswa manajemen sangat penting untuk mempelajari dan menggunakan Teknologi Informasi. Karena bagi seorang mahasiswa manajemen sebagai calon manajer harus memiliki wawasan yang luas baik local maupun global untuk menciptakan bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga masyarakat. Dan untuk menunjang keberhasilan tersebut teknologi informasi sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa manajemen.

A.    Kesimpulan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Pengaruhnya meluas keberbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.
Dalam dunia pendidikan perkembangan
Teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Tetapi kita harus menyadari bahwa semua itu mempunyai dampak yang buruk juga bagi kita semua terutama generasi muda sekarang akan tetapi semua itu bisa terhilangkan jika kita semua menyadari bagaimana bahaya dari teknologi tersebut dan tidak mempersalah gunakan hal tersebut. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda perlu untuk memilih dan memilah dari perkembangan teknologi itu sendiri.